
Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum Republik Indonesia dengan mengusung tema “Wujudkan Hukum Berkeadilan Melalui Layanan Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045”. Kegiatan berlangsung di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Senin (15/12/2025)
Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Tengah Hajrianor, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Joko Martanto, Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum Muhamad Mufid, serta Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum Deny Harlianto.
Rapat Koordinasi Pengendalian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2025 dibuka langsung oleh Menteri Hukum Republik Indonesia Supratman Andi Agtas dan dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli, Staf Khusus Menteri, serta seluruh Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum.
Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum Nico Alfinta dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diusung mencerminkan arah kebijakan strategis Kementerian Hukum dalam memastikan keadilan hukum dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat melalui peningkatan kualitas layanan berbasis digital.
“Transformasi digital harus menjadi instrumen utama untuk menghadirkan layanan hukum yang cepat, transparan, dan akuntabel, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat dalam mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045,” tegas Nico Alfinta.
Sementara itu, Menteri Hukum Supratman Andi Agtas dalam arahannya menegaskan bahwa Kementerian Hukum berkomitmen memberikan pelayanan publik berkelas dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan standardisasi layanan yang kuat, terukur, dan berkelanjutan di seluruh unit kerja.
“Melalui Super Apps Kementerian Hukum, diharapkan kualitas layanan kepada masyarakat semakin meningkat sekaligus mendorong perubahan budaya kerja ASN yang lebih profesional, adaptif, dan berbasis teknologi,” ucap Menkum.
Pada kesempatan tersebut, Menteri Hukum juga menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran Kementerian Hukum sepanjang tahun 2025 yang dinilai menunjukkan capaian positif. Berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan dinilai memberikan dampak nyata terhadap peningkatan kinerja organisasi, yang tidak terlepas dari sinergi dan kerja sama solid di seluruh unit kerja.
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Tengah, Hajrianor menyampaikan bahwa keikutsertaan dalam rapat koordinasi ini menjadi momentum penting untuk melakukan evaluasi kinerja sekaligus memperkuat komitmen peningkatan layanan hukum di daerah.
“Melalui kegiatan ini, seluruh arahan dan kebijakan strategis pusat menjadi pedoman bagi Kantor Wilayah Kemenkum Kalteng dalam memperkuat kinerja, meningkatkan kualitas layanan berbasis digital, serta memastikan pelayanan hukum yang berkeadilan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Kalimantan Tengah,” ujar Hajrianor. (Red-Dok Humas Kalteng, Desember 2025). (Red-dok, : Humas Kanwil Kalteng, Desember 2025)
#KementerianHukum
#KemenkumKalteng
#LayananHukumMakinMudah
#Hajrianor



